Posted by: yogisn | January 12, 2011

Pantura

Selamat Natal 2010 & Tahun Baru 2011 :)
Pulang kampung selama Liburan Natal 2010 dan Tahun Baru 2011 dari Tgl 24 2010 Desember sampai Tgl 1 Januari 2011. Perjalanan darat dengan mobil pribadi lewat Pantura berdua saja dengan istri. Mungkin terbayang akan sangat capek nyopir sendirian sepanjang pantura tetapi sebenarnya sepanjang perjalanan sangat menyenangkan daripada bosan diperjalanan kalau naik bus malam, kereta api, atau pesawat. Berangkat Tgl 24 Desember 2010 sekitar jam 10:00 pagi dan sampai dikampung halaman pagi hari sekitar jam 02:00 pagi. Normal nya sekitar 12 jam perjalanan tetapi ini berapa jam ya durasi nya ? Molor sekitar 4 jam tetapi wajar karena nyopir sendirian dan jalan nya santai , banyak mampirnya. Sempat juga tidur sekitar 1 jam karena ngantuk berat. Tempat istirahat pertama di Rest Area Km 19 Tol Jakarta-Cikampek dan selanjutnya istirahat di SPBU Muri di Tegal dengan 67 toilet bersih nya. Pantura jalan nya bukannya semakin baik tetapi tambah rusak, banyak lubang nya . Jadi harus lebih berhati-hati apalagi kalau perjalanan malam hari dan kondisi hujan. Sepandai-pandai nya menghindar akan tetap terkena ranjau juga karena jalan nya penuh dengan lubang. Selama perjalan kita mengisi BBM total nya Rp 200,000 dan BBM masih cukup banyak ketika nyampai kampung halaman.  Biaya lain nya adalah tol. Rincian biaya tol nya adalah :
Tol JORR = Rp 7,000
Tol Jakarta-Cikampek = Rp 12,500
Tol Palimanan – Kanci = Rp 8,500
Tol Bakrie Tol Road (Kanci Cirebon – Pejagan Brebes) = Rp 21,500
Tol Semarang = Rp 4,000
Jadi untuk tol keperlua nya adalah sekitar Rp 53, 500
Selama di kampung halaman agenda kita antara lain jalan-jalan ke Jogyakarta bersama dengan keponakan. Kita jalan-jalan dengan kereta api Prambanan Ekspres, PRAMEKS karena kebetulan keponakan suka sekali dengan kereta api, penggemar Thomas & Friends. Berangkat dari stasiun balapan dengan harga tiket Rp 9,000. Perjalanan kereta Prameks sekitar 1 jam dari Stasiun Balapan sempai dengan stasiun Tugu, Jogyakarta.
Rute Kereta Prameks :
Solo Balapan  -  Purwosari  –   Klaten   -  Maguwo  –   Lempuyangan     Yogyakarta
Stasiun Magowo dekat dengan Bandara Adisucipto, Jogyakarta. Jadi sarana transportasinya sudah terintegrasi antara stasiun dan bandara. Sampai di stasiun Jogyakarta langsung jalan sebentar saja sampai ke Malioboro. Jalan-jalan di Malioboro menikmati jajan kaki lima dan musisi jalanan. Persis lagunya Kla Project, Jogyakarta :)

Solo Balapan

Solo Balapan

Prameks

Budhe, Ovin, Tante @ Prameks

Ovin @ Prameks

@ Malioboro

@ Malioboro

Trans Jogya

Post Office Jogya

 

Jalan-jalan selanjutnya adalah ke Surabaya. Perjalanan seharian hampir 24 Jam ke Surabaya. Berangkat jam 4 :00 pagi dan kembali lagi sampai rumah sekitar jam 02:00 pagi. Perjalanan luar biasa karena rombongan nya 8 orang dewasa dalam satu mobil avanza. Pertama sempat mampir melihat Terminal  PURABAYA, Surabaya. Tujuan selanjutnya mau nyebrang jembatan paling top di negeri ini, SURAMADU yang menghubungkan selat Madura. Penasaran dengan jembatan paling panjang, dan paling baru sebelum nanti jembatan selat Sunda dibangun. Sebenarnya ini jalan tol karena kita harus bayar kalau mau lewat jembatan tersebut. Tarifnya Rp 30,000, jadi kita bayar Rp 60,000 untuk bolak-balik lewat jembatan.

Jembatan Suramadu menghubungkan Surabaya dan Madura panjang nya sekitar 5,4 Km. Pembangunan nya pada zaman Megawati tahun 2003 dan peresmian nya pada zaman SBY tahun 2009. Jembatan ini terdiri dari 8 jalur ditambah dengan jalur khusus sepeda motor. Jembatan ini memang seperti wahana wisata karena banyak yang berhenti ditengah jembatan untuk berfoto-foto walaupun sebenarnya dilarang. Pengen nya juga mau foto-foto tetapi takut kena tilang pak polisi

Terminal Purabaya

Suramadu

Suramadu

Suramadu

Suramadu

Selamat Datang Madura

Suramadu

Suramadu

Suramadu

Selamat Jalan Madura

Sekalian arah pulang dari Suramadu kita mampir ke lokasi bencana lumpur lapindo. Ironis sekali karena lokasi tersebut sudah mirip tempat wisata. Warga korban lumpur lapindo sendiri yang mengelola tempat wisata lumpur lapindo tersebut karena mereka telah kehilangan kehidupan nya ditempat tersebut.

Peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran Lapindo Brantas Inc di Dusun Balongnongo Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, sejak tanggal 29 Mei 2006. Sampai dengan sekarang lumpur masih menyembur tanpa ada solusi yang nyata

Wisata Lumpur Lapindo

Wisata Lumpur Lapindo

Wisata Lumpur Lapindo

Wisata Lumpur Lapindo

Wisata Lumpur Lapindo

Pengalama rute pantura sampai ke Surabaya adalah yang pertama kalinya. Selama ini perjalanan pantura hanya dari Jakarta-Solo. Jadi sekarang sudah nyambung Solo-Surabaya. Kapan-kapan nyambung lagi Surabaya-Bali :). Sampai jumpa diperjalanan selanjutnya :)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: