Posted by: yogisn | February 25, 2010

Vietnam, The Hidden Charm

Perjalanan berdua dengan istri ke Vietnam, Tgl 20-25 Januari 2010. Tempat-tempat tujuan nya Saigon sekarang dikenal dengan Ho Chi Minh City (HCMC), Hanoi, & Halong Bay.

Snapshot

  • History             : Sejarah Vietnam sangat panjang dan penuh dengan perang. 1000 tahun dijajah China (111 BC – 938 AD0, dijajah Perancis (1847-1954), perang saudara yang melibatkan Amerika (Vietnam War, 1964-1969), dan perang saudara Vietnam Utara vs Vietnam Utara, dengan kemenangan di pikah Utara (1975). Jadi Vietnam baru mulai membangun negaranya di tahun 1976 dengan nama Republik Sosialis Vietnam. Dengan sejarah dijajah sekian lama oleh bangsa lain, turut memperkaya kebudayaannya, contohnya, banyak tomb dengan karakter China dan roti baguette khas Perancis untuk sarapan.
  • Languae         : Dihotel dan tempat – tempat wisata, pemakai bahasa Inggrisnya cukuplah🙂, tapi kalau untuk taksi dan tempat2 belanja, pakai bahasa Tarzan…hehe

Day 1 : Jkt – HCMC

Take off dari Soekarno-Hatta Aiport dengan Air Asia Jam 17:30 PM, terlambat sekitar 1 Jam dari schedule. Tahun ini AirAsia buka penerbangan perdana, langsung ke Ho Chi Minh City (HCMC). Sebelumnya harus ke Singapore atau ke KL dulu. Penerbangan Jkt – HCMC sekitar 3 jam. Jam 20:00 waktu setempat tiba di Bandara Tan Son Nhat International Airport, HCMC. Bandaranya masih baru, kalo dipapan informasinya, Bandara ini baru selesai di renovasi di November 2007, atas bantuan Pemerintah Jepang. Petugas Imigrasinya kaku banget, judes lagi, tapi lumayan cepet sih. Begitu keluar imigrasi dan ambil bagasi, langsung cari counter penukaran uang untuk tukar uang USD ke Vietnam Dong (VND) dengan komisi 3% untuk keseluruhan yang ditukar. Kalau tukar di kota, enggak kena charge. Untuk taksi,  cari taksi yang resmi aja, misalnya Saigon Taxi. Tapi kalau disini, mendingan pakai sisten nawar deh, kalau pake argo, suka argo kuda juga soalnya. Dari Bandara ke Dong Koi Area, District 1 sekitar 30 menit.

  • Sleeping          : Dong Do Hotel (35 Mac Thi Buoi, District 1, Ho Chi Minh City, 30 USD/day). Hotelnya bagus. Kamarnya besih dan ada buth tub dengan air panas, dapet sarapan, ada TV lengkap dengan kabel TV. Ada ruang internet untuk yang nggak bawa Laptop, dan free Wi-Fi. Hotel juga menyediakan motor untuk disewa mengelilingi HCMC. Hotel ini adanya dipusat kota dan tempat – tempat wisata. Hotelnya sih model ruko gitu, sempit, tapi tinggi banget.
  • Eating              : Karena sampai di Hotel sudah malam, sekitar jam 21.00, udah nggak sempat kemana – mana. Makan Poh ( Mie Rebus khas Vietnam) diwarung sekitar hotel.

 Picture : 

 Dong Do Hotel

 

Breakfast @ Dong Do Hotel

 

Day 2  – HCMC

Breakfast di Hotel jam 07.00. Pagi banget, soalnya udah semangat mau jalan – jalan🙂. Menunya, Pho Bo ( Mie Kuah Sapi) dan Ommelette, minumnya, kopi khas Vietnam yang terkenal itu

  • Sight               : Karena nggak ikutan travel tour apapun, alias semi backpacker tourist🙂, jadi udah bikin catatan dari Jakarta, tempat apa aja yang mau dikunjungi.

Pertama ketemu dengan Opera House merupakan opera house dan theater kota HCMC. Didekatnya ada  Saigon Notre Dame Basilica Cathedral. Gereja Katedral peninggalan Perancis yang usianya sekitar 130 tahun. Disamping nya persis ada Saigon Central Post Office, dibangun saat penjajahan Perancis. Sangat ramai dikunjugi tourist dan bisa beli souvenir seni kerajinan Vietnam. Masih tetap by feet power alias jalan kaki, perjalanan dilanjutkan sampai di taman kota Tao Dan Park yang nyaman, didepannya persis ada Reunification Palace atau Indepedence Palace. Reunification Palace sejarahnya adalah istana presiden Vietnam Selatan ketika masa perang Vietnam sampai berakhirnya perang Vietnam pada tahun 1975, dengan kemenangan Vietnam Utara. Bayar tiket masuk 10K VND. Tujuan selanjutnya adalah Ben Thanh Market, pasar paling tua di kota HCMC, dibangun oleh pemerintah colonial Perancis sekitar tahun 1884. Pasar nya cukup bersih dan rapi, nyaman untuk jalan-jalan dan berbelanja, selain itu semuanya murah. Oiya, kalau belanja disini, tawar minimal 50% dari harga yang ditawarkan oleh si penjual ya…. The Sinh Tourist, perusahaan travel yang ramai dikunjungi tourist untuk mendapatkan pelayanan wisata. Alamatnya ada di 246 – 248 De Tham Str., Dist.1, HHCM. Jalan De Tham dan sekitarnya tempat nya ramai dengan Hotel dan Café yang tempat duduk nya menghadap ke jalan, sangat menyenangkan. Tiket penerbangan domestic ke Hanoi dapat untuk jam 15.30 keesokan hari. Selanjutnya kembali ke Hotel , take a rest. Malam nya kembali jalan-jalan . Tujuan nya antara lain adalah Ho Chi Minh City Hall atau Hotel de Ville de Saigon dibangun tahun 1908 pada masa penjajahan Perancis. Namanya diubah pada tahun 1975  menjadi Ho Chi Minh City People’s Committee

  •  Eating             :  Pho 2000 (ternyata cabangnya ada di Jakarta juga ya :)). Tempatnya disamping Pasar Ben Than. Bill Clinton pernah makan disitu karena banyak foto-foto dipajang (nggak penting ya :)).  Makan Com (nasi daging) dan Poh Bo, minumnya, Ice Coffe dan es kelapa muda (nama Vietnamnya lupa)

 Picture :

Notre Dame Basilica Cathedral

 

HCMC Central Post Office

HCMC Central Post Office

 

Reunification Palace atau Indepedence Palace

 

Tao Dan Park (View from Reunification Palace Roof Top)

 

Ho Chi Minh City People’s Committee

 

Ben Thanh Market

 

Opera House

 

Day 3 – HCMC – Hanoi

Perjalanan dimulai setelah breakfast. Waktunya sangat singkat karena siang hari harus checkout dari Dong Do Hotel untuk terbang ke Hanoi, Jam 15:30 waktu setempat.

  • Sight                 :  Ho Chi Minh City Museum, museum sejarah Ho Chi Minh City, Vietnam. Setelah membayar 10.000 VND kita bisa masuk dan melihat sejarah HCMC. Vietnam mempunyai sejerah yang dalam. Setelah masa penjajahan Perancis, perang Vietnam dan akhirnya bersatu menjadi Republik Sosialis Vietnam yang tumbuh berkembang pesat dan menjadikan sejarahnya yang dalam menjadi tujuan wisata utama. Ke Ben Than Market lagi, walopun nggak beli apa – apa J. Selanjutnya kembali ke Hotel dan sempat menikmati kopi Vietnam didepan Hotel sebelum check out.
  • Snapshot        : di HCMC , selama 2 malam, jalan-jalan , city tour semuanya lancar . Tidak ada pengemis, pengamen, tukang parkir, dan pak ogah yang banyak banget di Jakarta . Kotanya relatif  rapi dan bersih, Pariwisatnya maju, dan menjadi tujuan wisata dari Eropa (bule disana banyak banget, hehe) dan Asia. Dimana – mana  ada semacam polisi tourist dijalan-jalan pusat kota.. Banyak hotel-hotel low budget  dengan pelayanan yang memusakan

 Jam 12:00 waktu HCMC check out, ke  Bandara untuk penerbangan domestik ke Hanoi dengan Vietnam Airlines. Pemeriksaan di Bandara Vietnam bukan basa-basi. Agak heran juga pemeriksaan untuk penerbangan domestik saja begitu ketatnya karena tidak terjadi di Bandara kita. Jaket, Sepatu boat harus dilepas dan barang-barang yang dianggap berbahaya harus masuk bagasi. Sempat mengalami ketika tripod yang kita bawa untuk fotografi dilarang masuk pesawat dan harus masuk bagasi. Jadi kita harus mengulang check in lagi. Di Bandara juga ada free wi fi, jadi bisa bebas akses internet. Lumayan tidak BT menunggu penerbangan, bisa buka email dan nonton Liputan6.com . Oiya, free Airport Tax…:)

Tepat Jam 15:30 waktu setempat pesawat take off ke Hanoi. Penerbangan sekitar 2 Jam, dan landing sekitar Jam 17:30 waktu Hanoi di Bandara Noi Bai Airport, Hanoi. Bandaranya jauh banget dari pusat kota. Sekitar 1 Jam naik taksi untuk sampai ke Amazing Hotel dengan alamat 21Hang Phen – Hanoi, Vietnam, daerah Old Quarter. Diluar bayangan, cuaca di Hanoi lumayan extreme karena belum pernah kita alami. Lagi musim hujan dengan cuaca rata-rata bersuhu 15 – 17 celcius degree. cukup membuat tubuh menggigil kedinginan. Setelah take a rest, sempat keluar Hotel sebentar untuk mencari makan dan melihat-lihat suasana Old Quarter. Cuma sempet beli Banh Bao (Ba Pao) dan lagi lagi, makan Pho.

Picture :

Ho Chi Minh City Museum

 

Enjoying Ice Coffee Tiam

 

Day 4 – Hanoi

Breareakfast di Amazing Hotel, jalan2 disekitar Old Quarter. Sebelumnya minta city map untuk panduan jalan-jalan. Hotel sudah menyediakan map yang cukup simple dan informatif , lengkap dengan tempat-tempat tujuan wisata. Daftar  1 day tour ke Halong Bay pada lewat Hotel Amazing dengan membayar 30 USD untuk kelas Delux /orang.

  • Sight                : Tujuan pertama adalah danau dipusat kota Hanoi yang menjadi taman kota dengan banyak banget tempat duduk, Hoan Kiem Lake yang di tengah danau ada Ngoc Son Temple melalaui jembatan The Huc Bridge. Ditengah danau juga terdapat Turtle Tower. Cathedral St Joseph, Gereja peninggalan Perancis tahun 1886.Bangunan nya terlihat sangat tua dan sepertinya butuh renovasi. Tetapi masih digunakan untuk misa sampai sekarang, sempat mengikuti misa sabtu sore Jam 18:00. Istirahat sebentar di café untuk minum kopi ala vietnam. Kopi nya disajikan panas atau dingin pakai es. Kopi nya sangat pekat, disajikan dengan saringan dan diberikan susu untuk white coffe. Setiap minum kopi, pasti dikasih teh Kita selalu diberikan teh tawar, green tea untuk penawar setelah minum kopi, karena kopi nya memang tajam banget, mantab. Perjalanan dilanjutkan ke pasar terbesar di Hanaoi diujung Old Quarter, namanya Dong Xuan Market  atau Cho Dong Xuan bahasa vietnamnya. Dibangun masa penjajahan Perancis tahun 1889. Setiap hari Jumat, Sabtu, Minggu dari depan pasar Dong Xuan sampai ujung , dekat danau Hoan Kiem sekitar 2-3 Km selalu ada night market sampai jam 23:00, yaitu penjual kaki lima yang harganya murah-murah. Suasananya sangat ramai, banyak warga lokal dan tourist berbelanja atau cuma berjalan-jalan. Di Dong Xuan Market sempat mencari sarung tangan karena dinginnya sudah tak tertahankan. Setelah megikuti misa sore Jam 18:00 , dilanjutkan dengan jalan-jalan di nigh market, membeli oleh-oleh. Sebelum kembali ke Amazing Hotel, kita makan Pho. Makan di kaki lima, suasana nya nyaman, karena penjual nya tidak bisa sama sekali bahasan inggris , mereka selalu menunjukan uang Dong nya untuk memberi tahu harga nya, lucu juga cara komunikasinya

 Picture :

 

Hoan Kiem Lake yang di tengah danau ada Ngoc Son Temple melalaui jembatan The Huc Bridge

 

Ngoc Son Temple

 

 

St Joseph Cathedral

 

Cho Dong Xuan

 

View of Old Quarter

 

Enjoying Pho

 

Enjoying Coffee Tiam

 

Night Market @ Old Quarter

 

Cyclos @ Old Quarter

 

Day 5 _ Halong Bay

Selalu dimulai dengan breakfast, menu wajib yang disajikan Roti ala Vietnam tetapi gak pernah dimakan. Jam 08:00 sudah dijemput travel untuk perjalanan ke Halong Bay. Dijemput  pertama, jadi mobilnya masih kosong dan bebas pilih tempat duduk, Grup Tour ini ada 14 orang yang terdiri dari turis  Perancis, Korea, Singapore, Rusia, Amerika dan India. Yang terakhir ini ribut banget, selama perjalanan ke Halong Bay, nyanyi2 Indioa mulu, tepuk tangan juga, pokoknya nggak aad matinya deh….Perjalanan sekitar 3 Jam, dengan jarak sekitar 100 Km dari Hanoi. Halong Bay adalah UNESCO wolrd heritage. Salah satu dari finalis dalam new 7 wonders of nature. Luas nya sekitar 1,500 Km persegi dengan ribuan batu kapur. Ada tourist guide nya yang cukup friendly, masih muda , 25 tahun dan sudah 4 tahun menjadi tourist guide.

Sampai di dermaga Halong , perjalanan dimulai untuk melihat Halong Bay. Kapal nya cukup nyaman. Banyak sekali kapal di Dermaga dan terlihat cukup rapi dan teratur. Ditengah perjalanan sempat berhenti di tempat pemberhentian untuk turun dari kapal dan melihat ikan-ikan Halong Bay. Banyak juga yang menawarakan buah-buahan, seperti pasar terapung. Disana terdapat komunitas penghuni Halong Bay, tinggal di Floating Fishing Village.

Dilanjutkan dengan makan siang di kapal. Menunya spesial, tidak jauh dari ikan. Perjalanan kapal dilanjutkan setelah makan siang melewati karang-karang yang luar biasa indahnya. cuaca nya mendung, dan sangat dingin. Kapal berhenti ditempat pemberhentian. Banyak sekali kapal parkir disitu. Semua tourist turun dari kapal dan melihat gua yang terdapat disitu, Goa nya sangat besar dan sangat indah. Setelah turun melihat Goa, kembali ke kapal dan perjalanan balik ke dermaga. Cuaca waktu kembali lebih cerah, matahari kelihatan bersinar menjadikan udara lebih hangat. Perjalanan ke Halong Bay sangat mengesankan. Tempatnya sangat indah dan pelayanan kapalnya beserta tour guide juga cukup memuaskan. Selanjutnya perjalanan kembali ke Hotel. Kita masih mengejar untuk menyempatkan ke Dong Xuan Market dengan night market nya yang terakhir kalinya karena besok kita sudah harus check out , mengakhiri perjalan ke Vietnam. HCMC dan Hanoi mempunyai karakter yang berbeda dan semuanya sangat menyenangkan. Di kedua kota tersebut memang menjadi pusat tujuan wisata di Vietnam. HCMC dengan tata kota yang rapi, bersih, dan teratur sedangkan Hanoi dengan Old Quarter nya yang klasik tidak membosankan. Di Hanoi juga nggak ada  pengamen, tukang parkir liar, pengemis, pak ogah, Catet🙂

Picture :

Heritage Cruise

 

View of Halong Bay

 

Heritage Cruise

 

Floating Fishing Village

 

View of Halong Bay

 

View of Halong Bay

 

Heritage Cruise

 

Day 6 – Hanoi – HCMC – Jkt

Breakfast dan masih sempat untuk jalan-jalan terakhir kalinya di Old Quarterd an ketemuan sama temen yang orang Vietnam. Jam 10:30 check out menuju ke Bandara dengan taksi yang dipesan dari Hotel.  Jam 12:00 tiba di Bandara Noi Bai Airport. Jam 14:30 pesawat take off menuju ke Bandara Tan Son Nhat International Airport. Beruntung kita mendapatkan pesawat Boing 777-200. Pesawat badan lebar dengan kursi 12 seat. Pesawat nya lumayan canggih dengan layar LCD disetiap seatnya dan view real time video ketika pesawat akan take off & landing. Agak norak sih, secara biasanya naik pesawat yang Lowfare (baca AirAsia..hehe) Dari Bandara di HCMC kita lanjutkan untuk penerbangan ke Jakarta dan tiba di Jakarta Jam 12:00 WIB dengan Air Asia.

Picture :

Vietnam Air Lines

 

View of Tan Son Nhat International Airport

 

Berakhir lah perjalanan backpacker yang menyenangkan selama di Vietnam. 6 hari, 5 malam selama di Vietnam sangat berkesan. Vietnam, seperti slogannya, Vietnam, The Hidden Charm🙂


Responses

  1. Itineraire dan tulisannya detail banget. Suka membacanya.

    • Thanks Adhie, sekedar menulis pengalaman jalan-jalan kita kesana, semoga bisa buat referensi

  2. wah, thank you cat pernya🙂
    salam kenal ya..
    tahun depan saya berencana kesini dapat promo Air Asia🙂

    • Thanks, selamat berjalan-jalan kesana, sangat direkomendasikan🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: